Senin, 19 November 2012

Mengenal Internet Dan Intranet

Pengenalan Internet dan Intranet
Bermula dari salah satu lembaga pertahanan Amerika serikat  membuat suatu jaringan yang dapat menghubungkan semua tempat strategis.Jaringan yang dibuat tidak akan terganggu fungsinya walaupun tempat lain diduduki musuh. Mulailah DARPA ( Defence of Avanced Research Project Agensy ) Pentagon bekerja sama dengan salah satu universitas ternama menggarap proyek ARPANET ( 1969).

Pada mulanya jaringan itu hanya bisa menghubungkan empat kota di Amerika , kemudian makin meluas dan dapat menghubungkan seluruh lembaga pendidikan dan lembaga riset di Amerika Serikat dalam bertukar Informasi.
Pada akhirnya menjadi jaringan besar ( Supernetwork ) yang menghubungkan computer computer universitas, kantor pemerintahan dan militer disebagian besar wilayah seluruh dunia. Istilah internet dikenal pada tahun 1980 an dan mulai didefinisikan protocol TCP/IP yang mengatur segala sesuatunya yang berkaitan dengan Internet. Internet adalah jaringan dari jaringan computer di dunia dari berbagai macam sistem  yang terkoneksi satu sama lain dan melewatkan informasi dari satu jaringan kejaringan yang ada di dunia dapat berkomunikasi atau disebut juga Wordwide network. Internet atau disebut juga  Inter Networking yaitu hubungan antar jaringan computer.  Sebuah jaringan computer yang menghubungkan computer computer seluruh dunia sehingga terbentuklah ruang maya   computer ( Cyberspace) yang tidak mengenal batas ruang dan waktu. Jaringan computer sendiri secara fisik  hubungan antara computer satu dengan yang lain
Komunikasi akan terjadi apabila satu sama lain menggunakan bahasa komunikasi yang saling dikenal. Bahasa komunikasi  di internet  yang    dimaksud salah satunya adalah         internet  protocol   seperti     TCP/IP             ( Transmission Control Protocol ) yang dikirim computer melaui suatu media komunikasi pada umumnya line telepon dengan perantara Modem ( Modolator Demodolator ).Selengkapnya computer dapat terhubung jaringan Internet dengan syarat syarat sebagai berikut :
  1. Line telepon
  2. Modem
  3. Account pada suatu ISP ( Internet service Provider ) seperti ISP Telkomnet Instan dengan nomor telepon  080989999. ISP perusahaan yang menangani permintaan koneksi Internet
  4. Browser/ program penjelajah internet seperti Microsoft internet Explorer, Netscape Navigator
Sampai disini kita sudah biasa masuk ke dunia maya.Topologi Internet secara sederhana seperti gambar berikut
Browser/Web browser program untuk mengakses di internet dan menampilkan situs situs di Web hasil yang dapat ditampilkan adalah gambar,text ,bahkan dapat memutar file multimedia seperti video dan sound selebihnya juga dapat mengirim dan menerima elektronik mail ( E-mail ). Browser mengolah bahasa HTML sebagai input dan outputnya halaman-halaman Web yang informatif.Prosesnya dapat digambarkan sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar